Tutorial Pasang Caddy

Perkembangan software dan game belakangan ini sangat pesat, dengan fitur ataupun kualitas gambar yang semakin baik semakin besar juga ukuran file khususnya untuk game. Hal tersebut untuk para pengguna PC tentunya bukan masalah yang cukup berarti, mereka hanya tinggal mengganti atau membeli sebuah HDD baru untuk kemudian dipasang di slot HDD pada casing PC yang memang sudah terdapat beberapa slot. Tapi untuk para pengguna laptop solusi diatas tidak semerta-merta bisa digunakan karena memang slot hdd bawaan di laptop hanyalah satu. Pengguna laptop hanya bisa mengganti HDD lama mereka dengan HDD baru yang kapasitas nya lebih besar.


Untungnya, saat ini sudah ada alat bernama HDD Caddy untuk menambah slot HDD pada laptop yang sudah banyak beredar di pasaran. HDD Caddy ini akan mengganti atau menempati slot DVD ROM pada laptop. Nah, berhubung sudah banyak Caddy yang sudah terjual dan beberapa buyer diantaranya mengeluhkan soal pemasangan Caddy yang dianggap ribet dan susah, kali ini mimin mau share langkah-langkah / cara untuk memasang Caddy.

Untuk tutorial ini mimin menggunakan laptop Sony Vaio dengan ukuran DVD ROM 12.7mm sehingga Caddy yang digunakan adalah yang berukuran 12.7mm juga.

Pertama-tama lepas sekrup DVD ROM yang berada dibagian bawah laptop yang ditandai dengan adanya simbol bulat seperti CD atau beberapa titik-titik kecil. Posisi sekrup DVD ROM terdapat sejajar dengan posisi DVD ROM.

Setelah sekrup penahan DVD ROM terlepas, tarik perlahan tray DVD ROM.

Perhatikan dibagian belakang DVD ROM terdapat pengait untuk menahan DVD ROM dengan body/casing laptop. Lepas pengait tersebut dengan melepas 2 sekrup yang terdapat disana.

Ambil Caddy, lalu cari 2 buah lubang kecil dibagian belakang, serupa dengan posisi lubang pada DVD ROM. Pasang pengait di Caddy, pemasangan tidak boleh terbalik karena jika terbalik maka Caddy tidak bisa masuk penuh di slot DVD ROM atau tidak bisa terkunci saat sekrup penahan dipasang.

Pasang HDD atau mungkin SSD (mimin merekomendasikan SSD dipasang di slot storage bawaan laptop). Lalu kencangan dengan memutar sekrup yang berada di sisi Caddy.

Selanjutnya adalah mencopot bezel bawaan DVD ROM. Agak sedikit butuh kesabaran ketika mencopot bezel, resiko yang dihadapi adalah bezel patah. Tarik dengan perlahan salah satu sisi bezel.

Pasang bezel yang tadi dilepas pada Caddy, pemasangan akan lebih gampang daripada waktu mencopot kok.

Langkah selanjutnya, buang HDD beserta Caddy nya ke laut, biarkan kenangan mantan hilang ditelan laut bro. Hehehe maaf si mimin salah tulis, selanjutnya ya so pasti pasang Caddy. Sisi HDD yang terlihat menghadap keatas ya. Tinggal didorong masuk lalu kencangan lagi dengan memasang sekrup yang pada awal tadi sudah dilepas.

Nah gampang kan memasang Caddy sendiri, sekarang mas bro sudah punya media penyimpanan tambahan. Good day & thx for reading :D

Produk Terbaru